Home » » Peningkatan Minat Belajar Biologi dengan Model Pembelajaran Picture materi Klasifikasi makhluk hidup pada siswa kelas X

Peningkatan Minat Belajar Biologi dengan Model Pembelajaran Picture materi Klasifikasi makhluk hidup pada siswa kelas X


A.     Latar  Belakang Masalah

Biologi sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMA , materi pembelajarannya sudah menyesuaikan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Materi pembelajaran yang diajarkan ada kelas X  untuk semester gasal adalah Klasifikasi makhluk hidup. Berdasarkan analisis yang dilakukan dari pembelajaran sebelumnya, diskusi dengan guru pada mapel yang sama diketahui bahwa materi mengenai klasifikasi makhluk hidup masih dirasakan sulit bagi siswa.

            Klasifikasi makhluk hidup merupakan materi pembelajaran yang kompleks, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut, akibatnya hasil belajar siswa kurang memuaskan. Kurang optimalnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran ini diindikasikan dengan rendahnya hasil belajar siswa.  Pada materi Klasifikasi makhluk hidup banyak digunakan istilah dalam bahasa latin yang menyebabkan materi tersebut kurang diminati dan membosankan bagi siswa. Kebosanan siswa dapat dilihat dari banyaknya siswa yang kurang memperhatikan pada saat guru mengajar dan cenderung pasif.  Masalah – masalah tersebut menuntut guru untuk lebih inovatif dalam menentukan model pembelajaran. Model pembelajaran yang dipilih harus dapat menarik minat siswa untuk belajar dan lebih aktif dalam pembelajaran.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, dapat dilakukan dengan memilih metode belajar yang sesuai , sehingga dapat meningkatkan minat siswa terhadap materi klasifikasi makhluk hidup. Model yang sesuai tersebut adalah model pembelajaran picture .  Model pembelajaran picture adalah salah satu model pembelajaran kelompok dengan menggunakan bantuan gambar – gambar yang menarik. Dan selanjutnya siswa memasangkan urutan taksonomi sesuai dengan gambar yang ada.
Dengan model pembelajaran ini diharapkan siswa dapat meningkat minat dan aktivitas belajarnya, karena dalam suasana permainan siswa dapat belajar tanpa rasa terbebani , dan guru juga dapat menyampaikan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan minat belajar  biologi pada  materi Klasifikasi makhluk hidup pada siswa kelas X semester 1 dengan model pembelajaran picture   . Dan harapannya apabila minat siswa terhadap pembelajaran meningkat, maka prestasi belajar siswa juga meningkat.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Blog OK | Mas Template
Copyright © 2012. Berbagi Skripsi PTK - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger